Minggu, 05 April 2020

AKTIVITAS POSITIF DI TENGAH PANDEMI CORONA VIRUS

Masih bisa beraktivitas dengan sehat

Pandemi corona virus membuat dunia menangis. Korban jiwa tak terelakkan lagi. Berbagai aktivitas masyarakat mulai terkurangkan. Kehati-hatian amat diperlukan. Yang terpenting adalah menjaga daya tahan tubuh agar tak mudah tertular penyakit ini. Selain itu menjaga pola hidup sehat. Yang terpenting adalah memupuk kedekatan dengan Tuhan yang Mahakuasa, sehingga hari-hari indah takkan membosankan meskipun kita hanya terbatas aktivitas di rumah saja. Namun, bagi para pekerja, masih ada yang melakukan aktivitas di luar rumah. Aktivitas yang memerlukan kehati-hatian dan menjauhkan dari kontak yang memicu terjangkitnya corona virus ini. 

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan agar kita terjaga dari tertularnya corona virus, di antaranya:
1. Mencuci tangan dengan air yang mengalir dan gunakan sabun kesehatan. Cucilah tangan dengan benar, jangan lupa mencuci sela-sela jari dengan tuntas. Tiap kali kita keluar dari rumah, cucilah tangan dan kaki terlebih dahulu, keringkan dengan tissu atau lap kering, kemudian barang bawaan yang sekiranya dibawa, panaskanlah sebentar di terik matahari. Baju yang telah dipakai seyogyanya segera dicuci pakai sabun cuci.

2. Pakailah masker ketika keluar rumah. Penggunaan masker mampu menurunkan risiko terpaparnya dari berbagai penyakit. Masker mampu menyerap kotoran, bakteri dan kuman. Masker bedah ataupun masker kain juga dapat digunakan. Untuk penggunaan masker bedah, hanya dipakai sekali saja, lalu buanglah ke tempat sampah dengan mengguntingnya terlebih dahulu agar tidak dipakai orang lain. Jika menggunakan masker kain, maka setelah digunakan rendamlah dengan air panas dan cucilah dengan sabun. Ketika melepaskan masker dari wajah, jangan menyentuh bagian luar masker. Cucilah tangan dengan sabun atau pakai sanitiser.

3. Menjaga daya tahan tubuh. Nah, hal ini adalah faktor yang terpenting. Makan-makanlah makanan yang menyehatkan tubuh. Konsumsi vitamin, makan sayur dan buah. Konon ramuan dari temulawak, kunir, jahe dan sere dapat digunakan sebagai minuman yang menyehatkan dan meningkatkan stamina agar tubuh tak mudah terserang penyakit. Untuk menjaga kebugaran, olahragalah yang cukup, jangan minum-minuman beralkohol. Jika kita makan daging, hendaklah daging direbus dengan air mendidih dan tidak dimakan mentah-mentah.

4. Tidak bepergian ke daerah yang terjangkit. Hal ini menandakan bahwa kita stay at home adalah hal terbaik. Jangan mengunjungi tempat-tempat yang telah disinyalir ada kasus terjangkit corona virus, baik di dalam maupun di luar negeri. daerah-daerah yang terjangkit tersebut rentan penularan corona virus dengan cepat. Hindari tempat-tempat keramaian, dan jaga jarak aman antar personil.

5. Menghindari kontak dengan orang yang terjangkit. Jika sudah diketahui seseorang terjangkit corona virus, maka seyogyanya kita tidak bergaul dan mendekat dengan mereka. Kontak dengan penderita memudahkan penularan corona virus dengan cepat. Penderita sebaiknya mengisolasi diri dari orang-orang yang sehat. 

Betapa peliknya wabah ini hingga mampu mengurangi populasi manusia di bumi ini dengan cepat. Oleh karena itu, mari kita bantu pemerintah dan tim medis agar corona virus dapat segera berlalu dari negeri kita. Himbauan mereka adalah untuk keselamatan kita bersama. 

2 komentar: