Sabtu, 04 April 2020

STAY AT HOME, MAKSIMALKAN BELAJAR DENGAN TIK, BEBAS VIRUS CORONA

TIK dalam abad 21

Sumber: dokumentasi penulis
Vlog Peserta Didik
Sumber: Dokumentasi Penulis

Saat wabah corona virus, saat yang tepat untuk memaksimalkan kembali kesibukan belajar di rumah. Belajar dengan panduan guru dari jarak jauh dan pendampingan orang tua, rupanya menjadi pilihan jitu saat ini. Mengapa dikatakan demikian? Kita tahu bahwa saat ini pemeriuntah sedang gencar-gencarnya mengondisikan masyarakat untuk stay di rumah dan membatasi aktivitas di luar rumah, sebab untuk memutus persebaran covid-19 yang amat cepat penularannya. Kita layak untuk mendukung kinerja pemerintah saat ini demi keselamatan bersama.

Nah, jika berbicara tentang belajar dengan TIK, guru dapat memanfaatkan berbagai alternatif TIK yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Materi pembelajaran dan soal-soal pun dapat di transfer di sana. Beberapa di antaranya adalah pemanfaatan WhatsApp (WA). Media ini merupakan media yang akrab digunakan keseharian. Guru dan peserta didik dapat saling berbagi tugas dan hasil kerjaan di grup WA tersebut. Guru dapat mengirimkan file, foto, begitu juga dengan peserta didiknya. Mudah, ya.

Alternatif lainnya adalah pemanfaatan facebook. Facebook adalah medsos yang juga akrab digunakan oleh peserta didik dan guru. Guru dapat membuat grup facebook dengan anggota para peserta didik di tiap kelas yang dihandle. Peserta didik dapat saling share foto, video liputan dengan durasi singkat, mereka saling memberikan komentar. Guru dapat menilai dari hasil share dan komentar tersebut.

Google clasroom. Ya, google classroom juga dapat dimanfaatkan oleh guru untuk mengelola kelas dari jarak jauh. Guru dapat share tugas dan dapat menerima tugas dari pemanfaatan google classroom tersebut. Peserta didik dapat mengirimkan tugas dan memberikan kontribusi aktifnya dalam aktivitas tersebut.

Google drive. media TIK ini juga dapat digunakan. Guru dapat mendistribusikan tugas di google drive, lalu membagi tautan di grup WA, kemudian peserta didik menyambut tautan tersebut, akhirnya guru menyambut tautan dengan memasukkan mereka dalam grup di google drive.

Youtube. Wow, youtube dapat juga digunakan sebagai media upload tugas dalam bentuk video. Vlog youtube kini sedang gencar-gencarnya digunakan oleh seseorang untuk eksploitasi kegiatan kesehariannya. Hal ini amat baik jika digunakan sebagai sarana untuk eksploitasi kemampuan peserta didik dalam bentuk eksplor video liputan. Peserta didik dapat mengasah kemampuan berbicaranya dengan baik, guru memberikan komentar dan menilai kualitas hasil video yang diupload.

1 komentar: