Kamis, 07 Mei 2020

CARA MENULIS PUISI YANG BAIK

MENULIS PUISI DENGAN INDAH

Puisi adalah sebentuk karangan terikat yang sarat makna. Puisi adalah karya sastra dengan bahasa padat singkat. Puisi adalah karya sastra yang banyak unsur kepuitisannya. Dalam bahasa yang singkat, padat, puisi mampu mengantarkan pembacanya untuk memahami makna kehidupan yang ditulis penyair. Apakah sulit untuk membuat puisi? Jawabannya adalah tidak. Ada beberapa kiat agar kita mudah menulis puisi dengan baik.

1. Pilih tema. Pilihlah tema puisi yang terkini. Istilah terkini adalah peristiwa yang sedang tren, yang sedang mengemuka menjadi bahan pembicaraan di media massa. Jika tidak mengikuti berita masa kini, penulis puisi bisa mengangkat tema berdasarkan kisah pengalaman kehidupannya dengan orang-orang terkasihnya bahkan mungkin orang-orang yang dibencinya. Unik, ya, tema puisi dapat diambil di mana-mana, bebas.

2. Gunakan bahasa yang tepat. Istilah gunakan bahasa yang tepat adalah, gunakan bahasa yang mampu mewakili perasaan penulis. Bahasa yang bermajas maupun yang lugas bisa dipilih. Tak terlalu banyak kiasan juga boleh. Jangan banyak kiasan sebab akan membuat puisi tersebut sulit ditangkap maknanya oleh pembaca atau bahkan akan mengaburkan makna puisi itu sendiri. Jika gunakan bahasa kiasan, bisa dengan perumpamaan, pertentangan, pleonasme, repetisi, dll. Pilih saja yang tepat. Jika dengan bahasa lugas, puisi pun takkan kehilangan makna.

3. Tentukan bentuk puisi. Yang dimaksud di sini adalah tipografi puisi. Bentuk puisi berawal dari kiri saja atau center, atau pemenggalan kata yang unik, atau model zig zag, terserah penulis, yang penting penulis tahu apa makna tipografi puisi yang dipilihnya. Jika akan gunakan huruf besar dan kecil pun itu mewakili maksud penulis.  

4. Jangan coret-coret saja jika ada kesalahan. Orang takkan pernah berbuat kesalahan dalam menulis puisi, apalagi bagi penulis pemula. Namun, yakinlah bahwa menulis puisi itu adalah suatu kenikmatan, kenikmatan berkarya sastra. Mengapa sampai berulang-ulang penggunaan bahasanya kurang tepat? Hal ini adalah sebentuk jawaban bahwa penulis perlu jam terbang menulis dan perlu memperbanyak perbendaharaan kosa kata. Jika sudah demikian, yakin dan percaya, penulis akan mampu menulis puisi sekali duduk saja dan mantap. 

5. Pilih judul yang tepat. Pemilihan judul amat berpengaruh dalam mengangkat isi puisi. Judul harus mampu mewakili isi puisi. Maka pilihlah judul yang tepat dengan kosakata yang tepat pula. Tak terlalu panjang. Paling cukup 1 sampai 3 kata saja. Itu sudah cukup mewakili. Namun terkadang penulis pun butuh judul yang agak panjang, sebab ada kata yang belum terwakili jika harus dengan judul yang pendek.

6. Percaya dengan kemampuan diri sendiri. Percayalah bahwa diri sendiri punya kemampuan menulis puisi. Yakin sajalah, karena keyakinan adalah modal utama agar seseorang mampu menghasilkan sebuah karya sastra. Tak perlu ragu, jangan pernah menilai karya sendiri, biarkanlah pembaca yang menilai. Yakin dengan karya yang telah dibuat.

7. Sering merekam peristiwa. Yang dimaksud di sini adalah penulis disarankan rajin untuk merekam peristiwa yang dilihat, dialami, dirasakan untuk tetap dalam pikiran dan rasa. Agar suatu saat akan menulis, mampu terwujud dalam sebuah tulisan yang kaya makna. Jika penulis mengabaikan peristiwa kehidupan keseharian, tentu penulis akan miskin ide tulisan. 

Contoh puisi

TAK LAGI BERARTI

mengapa tak berarti
semua telah kulakukan
sebab apa mesti terjadi lagi

rupanya hati tak bersambung dengan kata
yang sempat terlukis dalam cerita
mungkin saja telah memilih jalan lama
dalam pengembaraan tak berujung tuannya

pernah suatu ketika
menimbang lagi menimbang lagi
namun mulut terkunci
pikiran pun mati
tak sedekap dengan kehendak hati

mungkin inilah yang dinamakan
tak lagi berarti



BERHARAP SELALU

mengapa selalu berharap
sebab manusia adalah kumpulan harapan
semenjak kapan masih saja berharap
semenjak diciptakan
berharap dan terjawab adalah sebuah kenikmatan
namun jika sempat tertolak pun
jangan mudah kelarat
sapa saja
sebab berharap adalah obat mujarab
sebentuk doa yang melantun
di tiap hari-harinya


Bagi pembaca, jangan lupa tinggalkan komentar di bawah, ya. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar